Barrang Lompo

Biodata Lurah

NAMA                                    :   KURNIATI, SP

NIP                                         :   19760807 201001 2 014

TEMPAT/TGL LAHIR           :   UJUNG PANDANG, 7 JUNI 1976

AGAMA                                 :   ISLAM

ALAMAT                                :   JL. MACCINI SAWAH NO. 14 MAKASSAR

PANGKAT / GOL                   :   PENATA MUDA TK.I/III b

 

Profil Kelurahan

Barrang Lompo

Kelurahan sekaligus ibukota kecamatan

            Jangan pernah mengaku warga makassar kalo belum pernah ke kepulauan sangkarrang khususnya pulau barrang lompo. Merupakan pulau yang berpenghuni cukup padat dengan luas wilayah 19,23 Ha. Dengan jumlah penduduk sebanyak 4572 yang terdiri dari 2359 laki-laki dan 2393 perempuan. Dengan jumlah kk sebanyak 1270. Kelurahan Barrang Lompo ini terdiri dari 4 RW dan 21 RT.

Disini keindahan alam dan keramahan warganya sulit ditemukan. Kelurahan Barrang lompo sekarang sudah sangat berbeda dengan yang dulu, melalui kepemimpinan Kurniati lurah Barrang Lompo sudah banyak tertata lorong-lorong yang ada dipulau.

Salah satunya adalah lorong PKK nya, dengan tanaman toganya yang menghiasi lorong tersebut sangat lah bagus dan indah. Karena bisa memberikan pengetahuan tentang kegunaan dan fungsi dari tanaman toga itu sendiri.

Selain itu, program Walikota Makassar seperti Lorong Bulo nya pun sangat apik tertata. Ini adalah peran dan kesadaran warga dalam membina dan memelihara lorong. Kehidupan warga pun kian cemerlang dengan adanya keinginan menggali potensi alam yang dimiliki secara maksimal. Penghasil kerajinan merupakan sebagian dari mata pencaharian warga masyarakat pulau barrang lompo. Kerajinan dari kerang ataupun lainnya yang berasal dari laut.

Program-program walikota makassar harus diakui efeknya sangat bagus hingga warga yang selama ini acuh tak acuh pola pikirnya mampu berubah secara drastis dan di kemudian hari mampu meningkatkan partisipasi warga akan pentingnya keindahan, kenyaman dan kebersihan didalam lorong.

Bersama aparat kelurahan dengan mewujudkan gerakan sentuh hati akan menjadi tangga menuju program yang lebih bagus yakni makassar smart city.

Kelurahan Barrang lompo yang menjadi ibu kota kecamatan sangat menjadi perhatian bagi Lurah Barrang Lompo, karena sebagai pintu masuk wisatawan atau pengunjung. Sehingga kerja aparat pemerintah harus benar-benar terencana dan harus tepat waktu dalam penyelesaiannya. Kami tak ingin sejumlah program yang awalnya bagus namum muaranya tidak ada yang dituju.

Saat ini sejumlah lorong yang ada di dalam kelurahan barrang lompo sudah tertata dengan sangat apik, meski belum seratus persen. Tidak semua lorong mampu diselesaikan dengan mudah tapi ada sedikit tantangan yang harus diselesaikan seperti adanya faktor alam. Namun secara persentase sembilan puluh persen penataan lorong sudah bagus, indah, dan nyaman.

Hal ini harus diakui keberhasilan ini bukan hanya kerja semata-mata aparat pemerintah kelurahan namun berkat adanya partisipasi warga yang tinggi dan mulainya bergeser kesadaran warga untuk mencitai kebersihan lingkungan.

Kita harapkan kondisi dan sikap warga ini bisa bertahan hingga benar-benar program walikota Makassar ini bisa optimal khususnya di Kelurahan Barrang Lompo.

Jangan pernah berhenti untuk bekerja atau berhenti melakukan pemantauan, inilah kunci sukses dalam keberhasilan program. Dengan memberikan semangat dan perhatian kepada warga masyarakat akan terwujud makassar kota dunia.

 

Barrang Lompo

Tempat Wisata Yang Menarik Hati

            Pantai berpasir putih ini hanya terdapat di sisi selatan pulau, selebihnya pulau ini dikelilingi tanggul. Pulau Barrang lompo memiliki atraksi seperti :

  • Pemandangan laut dan bawah laut. Pemandangan pulau-pulau sekitar serta pemandangan saat matahari terbit dan matahari terbenam serta terdapat beberapa titik atau spot penyelaman bagi yang memiliki hobi menyelam.
  • Atraksi seni dan budaya. Terdapat beberapa atraksi seni dan budaya yang dapat dinikmati jika ada acara-acara tertentu seperti kesenian tanjidor, dzikir rebana, dan tari-tarian khas makassar. Sering kali diadakan festival budaya songkabala. Festival ini diadakan tiga kali dalam bulan muharram dengan maksud untuk menolak bala.
  • Pengolahan cendera mata perak. Terdapat proses pembuatan kerajinan perak saat ini yang hanya dapat dilakukan oleh dua orang pengrajin.
  • Balai perikanan dan kelautan UNHAS. Para peneliti bisa datang di laboratorium kelautan UNHAS untuk melakukan observasi biota laut atau tujuan penelitian.
  • Kuburan Tua yang disakralkan oleh penduduk setempat dan dipercaya sebagai kuburan nenek moyang dari penduduk pulau Barrang Lompo.
  • Masyarakat dan gaya hidupnya. Terdapat masyarakat tionghoa yang bermukim sejak adanya penduduk masuk di pulau ini serta kehidupan masyarakat nelayan.